Daftar 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mendunia

Indonesia terkenal dengan keindahan alam yang beragam. Daratan maupun lautannya menyimpan pesona tersendiri. Keindahan Indonesia berhasil menarik 1 juta wisatawan mancanegara yang berwisata ke Indonesia dalam kurun waktu 1 bulan. Dari berbagai tempat indah yang ada di Indonesia, ada beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Inilah daftar 5 tempat wisata di Indonesia yang mendunia yang mungkin bisa anda jadikan destinasi wisata selanjutnya.

  1. Pulau Bali

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Pulau Bali pasti termasuk dalam salah satu tempat wisata di Indonesia yang mendunia. Pulau satu ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Selain karena keindahan alamnya, Bali terkenal akan kebudayaan dan kesenian yang unik.

Keramah-tamahan penduduknya juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut yang menjadikan pulau bali sebagai destinasi utama bagi wisatawan bila berkunjung k Indonesia. Bahkan tahun 2016 lalu, ada sekitar 4,2 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau Bali.

  1. Pulau Komodo, Kepulauan Nusa Tenggara

Pulau Komodo, Kepulauan Nusa Tenggara memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki negara lainnya. Misalnya seperti hewan reptil yang bernama komodo yang hidup di pulau ini.  Pulau Komodo sudah menjadi habitat asli bagi ratusan ekor komodo. Selain itu, pulau komodo memiliki pantai yang pasirnya berwarna pink (merah muda). Pantai dengan pasir pink hanya ada 7 di dunia. Pulau Komodo pun masuk dalam 7 keajaiban warisan alam dunia pada tahun 2012 lalu oleh organisasi New Seven Wonders Nature.Tentunya hal tersebut menjadikan pulau komodo menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

  1. Raja Ampat, Papua

Kepulauan Raja Ampat adalah serangkaian gugusan 4 pulau yang terletak di Provinsi Papua Barat. 4 pulau tersebut diantaranya adalah; Pulau Salawati, Pulau Misool, Pulau Watanta, dan Pulau Waigeo. Raja Ampat pun menjadi tempat wisata di Indonesia yang Mendunia karena keindahan lautnya. Keindahannya menjadikan Raja Ampat termasuk ke daftar 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia.

Dalam perairan Raja Ampat, terdapat lebih dari 100 jenis ikan karang, 700 jenis molusca, serta 540 jenis karang keras. Hal tersebut menjadikan Raja Ampat diakui memiliki konsentrasi kehidupan laut terbesar di dunia. Terumbu karang di Raja Ampat pun masih berkondisi 90 persen baik sehingga menambah keelokan dari laut Raja Ampat.

  1. Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen merupakan kawah dari salah satu gunung berapi yang terletak di daerah Jawa Timur. Awalnya kawah Ijen sendiri mulai dikenal dunia sejak dibahas oleh 2 orang turis asal Perancis, yakni Nicolas Hulot bersama istrinya Katia Kraft.  Mereka datang kesana pada tahun 1971, lalu menuliskan kisah pesona Kawah Ijen dan kerasnya kehidupan penambang bongkahan belerang disana.

Karya itu terbit di majalah Geo, Perancis. Hal inilah yang mendorong para wisatawan dan fotografer dunia untuk datang ke Kawah Ijen untuk menyaksikan keindahannya. Kawah Ijen juga terkenal dengan  fenomena api biru (blue fire) yang hanya bisa dilihat sampai pukul 05.00 pagi. Fenomena itu terjadi akibat gas keluar dari tanah bertemu dengan oksigen. Fenomena api biru ini hanya bisa dijumpai di Indonesia dan Islandia.

  1. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan candi budha terbesar di dunia dengan luas 123 X 123m.  Candi Borobudur dikelilingi enam teras berbentuk bujur sangkar disertai 3 pelataran melingkar di atasnya. Selain itu, candi ini memiliki  504 arca Buddha dan 2.672 relief pada dindingnya. Sebagai mahakarya seni rupa Budha, Candi Borobudur memiliki arsitektur yang rumit, indah dan unik, Candi Borobudur adalah salah satu wisata Indonesia yang mendunia, terbukti dengan turis asing yang datang ke Candi Borobudur mencapai 250.000 per tahunnya.